Khasiat Pijat Bayi - Hai Tanaya

Khasiat Pijat Bayi

Stimulasi pijat mempunyai beberapa sebutan yakni stimulasi sentuh, pijat bayi, baby massage, infant massage, serta yang lain. Unit Kerja Koordinasi (UKK) Tumbuh Kembang– Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengembangkan peran pijat selaku bentuk stimulasi pada bayi. Apa saja khasiat pijat bayi yang dapat diperoleh?

Khasiat Pijat Bayi

Khasiat Pijat Bayi

Perlu Kalian ketahui kalau urut bayi ialah campuran bentuk stimulasi multi modal, yakni raba( taktil) serta gerak( kinestetik) yang dilakukan oleh orang tua ataupun tenaga kesehatan.

Pada saat melaksanakan pijat, stimulasi yang ditambahkan merupakan melaksanakan stimulasi auditory( pendengaran, dengan mengajak bayi bicara disaat dipijat), stimulasi visual( penglihatan, dengan melangsungkan kontak mata disaat pijat), serta lainnya.

Pada dasarnya tujuan guna pijat bayi merupakan untuk memaksimalkan pertumbuhan serta perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba, gerak serta campuran stimulasi yang lain.

Pijat bayi dilakukan dalam suasana yang menyenangkan serta nyaman. Lama pijatan kurang lebih 15 menit, serta hendaknya diberikan secara rutin. Tidak terdapat batas dasar mengenai frekuensi pemberian pijatan per hari.

Berikut ini merupakan sebagian khasiat pijat bayi yang dapat diperoleh, di antara lain:

Mendukung pertumbuhan otak

Khasiat pijit bocah yang banyak orang tidak sangka ini merupakan bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Saat bayi Kalian memperoleh pengalaman baru–seperti pijat misalnya–hal itu akan merangsang lahirnya sel- sel otak baru yang dibutuhkan guna tumbuh kembangnya

Berbagai macam variasi sentuhan, aroma dari minyak pijat, sampai komunikasi Kalian dengannya merupakan stimulasi yang menghasilkan mielin, zat pada otak yang berperan guna mengatur menata impuls saraf yang berhubungan dengan kemampuan sensoris serta motorik.

Membuat bayi lebih rileks

Khasiat pijat bayi dapat menstimulasi sistem saraf pusatnya. Perihal ini akan membuat otak memproduksi lebih banyak serotonin yang membuatnya nyaman, sekaligus mengurangi kortisol( hormon stres). Tidak hanya itu, situasi ini pula membuat detak jantung serta nafas bayi jadi lebih lambat, sehingga membuat bayi jadi lebih rileks.

Tidak mudah rewel

Khasiat pijat bayi selanjutnya ialah bisa membuat bayi tidak gampang rewel ataupun menangis secara berlebihan serta dapat membuatnya tidurnya lebih lelap. Bahkan, pijat bayi pula diyakini bisa meringankan sembelit ataupun sakit perut.

Memperkuat ikatan dengan orang tua

Selain khasiat fisik yang dapat diperoleh bayi, khasiat pijat bayi pula bermanfaat guna tingkatkan hubungan emosional antara bayi dengan orang tua. Sentuhan serta gerakan disaat pijat merupakan‘ komunikasi’ yang menyenangkan antara bayi dengan orang tua.

Membuat bayi tidur lebih pulas

Khasiat pijat bayi akan membuat bayi lebih gampang tertidur di malam hari. Ketika bayi tertidur lelap, maka sang kecil akan tidur lelap semalaman–tanpa harus terbangun terlalu dini ataupun sambil menangis. Bila bayi kerap terbangun di tengah malam disertai dengan tangisan, sepertinya Kalian dapat mencoba memberikan pijatan disore harinya.

Menurunkan resiko terjadinya kolik dan kembung

Salah satu gangguan yang biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir ialah kembung serta kolik karna sistem pencernaannya yang belum sempurna. Khasiat pijat bayi terbukti dapat melancarkan pergerakan usus serta pencernaan, sehingga menurun resiko kedua gangguan itu.

Membantu mengatasi depresi pasca- melahirkan

Untuk perempuan yang alami depresi pasca- melahirkan, sebaiknya Kalian harus memperoleh khasiat pijat bayi. Pada saat Kalian melakukan pijatan pada bayi, hal itu otomatis akan membuat badan lebih tenang.

Tidak cuma produksi hormon oksiton pada bayi yang alami kenaikan, situasi ini pula dapat terjadi pada perempuan yang baru melahirkan sehingga membuat perasaannya lebih positif. Interaksi harmonis bersama buah hati akan membantu memperbaiki suasana hati.

Melatih sensitivitas dan indera

Sentuhan lembut serta berirama yang diperoleh bayi bermanfaat menstimuli saraf serta indera perabanya. Pijat bayi membuat anak Kalian dapat membedakan sentuhan mana yang terlalu besar serta mana yang tepat. Khasiat pijat bayi yang dapat diperoleh yaitu otot- otot bayi akan lebih kuat serta fleksibel.

Meningkatkan kepadatan tulang

Tidak hanya detak jantung serta otak bayi yang lebih stabil sesudah memperoleh khasiat pijat bocah, khasiat pijat bayi yang terlahir prematur merupakan membantunya tingkatkan kepadatan tulang.

Mengoptimalkan proses pencernan

Bila bayi Kalian terlahir prematur, khasiat pijat bayi dengan baby oil diyakini dapat membantu stimuli saraf yang menghubungkan antara otak serta perut, sehingga membuat proses pencernaannya lebih optimal.

Meningkatkan berat badan

Tidak hanya dapat mempengaruhi suasana psikis, khasiat pijat bayi selanjutnya pula dapat mempengaruhi kondisi fisik bayi. Suatu riset mengatakan, bayi yang dipijat alami peningkatan berat badan dibandingkan bayi yang tidak pernah dipijat.

Hasil yang lebih maksimal dapat diperoleh bila pijatan dilakukan dengan minyak pijat( bisa alami ataupun buatan). Efek hangat yang umumnya diperoleh dari minyak pijat sanggup membuat bayi lebih optimal dalam mencerna ASI.

Baca Juga : Cara Pijat Bayi yang Benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel