Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi? - Hai Tanaya

Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi?

Tidak hanya daging ikan, telur ikan juga diketahui mempunyai rasa yang amat enak sehingga digemari oleh banyak orang. Bahkan, jika kita sampai menemukan ikan yang masih memiliki telur di dalam perutnya, kita seperti merasa beruntung sebab dapat menikmati kelezatannya. Cuma saja, benarkah asumsi banyak orang yang mengatakan telur ikan bila dikonsumsi dengan berlebihan dapat mengakibatkan kolesterol tinggi?

Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi?

Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi?

Ada banyak sekali olahan hidangan yang dapat dibuat dari telur ikan. Sebagai contoh, telur ikan goreng ataupun sushi dapat diolah dari bahan hidangan ini. Tidak disangka, dibalik keenakan yang ditawarkan oleh telur ikan, kita pula dapat menemukan nutrisi sehat di dalamnya.

Di dalam telur ikan ada kandungan semacam protein, vit B2, B12, C, E, asam folat, fosfor, selenium, sampai asam lemak omega 3 yang amat tinggi. Tidak hanya itu, kandungan kalori, lemak, serta karbohidrat di dalamnya pula cenderung rendah. Perihal ini berarti, telur ikan cocok buat dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk oleh mereka yang sedang menempuh program diet.

Ahli kesehatan mengatakan di dalam 30 gr telur ikan ada kandungan protein sebesar 6 gr. Jumlah ini nyaris sebanding dengan satu butir telur ayam dengan ukuran besar. Tidak hanya itu, di dalam telur ikan cenderung mempunyai kandungan antioksidan yang amat tinggi. Kandungan ini pasti akan membantu melawan paparan buruk radikal bebas yang dapat mengakibatkan datangnya penyakit.

Keberadaan antioksidan ini pula akan tingkatkan sistem imunitas tubuh. Apalagi, dengan terdapatnya vit B12 yang amat tinggi, maka otak serta saraf akan jadi semakin sehat. Pembentukan tenaga akan jadi semakin membaik, serta membuat proses pembentukan sel darah merah serta DNA berjalan dengan lancar.

Kaitan mengonsumsi telur ikan dengan kadar kolesterol

Ahli kesehatan mengatakan kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi di dalam telur ikan dapat membantu tubuh mencegah datangnya peradangan, pengentalan ataupun penggumpalan darah, sekaligus merendahkan kadar kolesterol jahat di dalam badan.

Kandungan esicosapentaenoic acid( EPA) dan docosahexaenoic( DHA) di dalam telur ikan pula sangat bagus untuk kesehatan otak. Bila kita komsumsi 30 gr telur ikan, maka kita telah dapat memperoleh asam lemak omega 3 sebesar 1. 000 miligram, EPA sebesar 400 miligram, serta DHA sebesar 500 miligram. Kandungan ini dapat membantu mencegah datangnya penyakit jantung serta stroke.

Telur ikan dapat menyehatkan tulang serta persendian

Di dalam telur ikan ada kandungan astaxanthin, sejenis antioksidan yang amat kuat serta membuat kuning telur mempunyai warna kekuningan yang khas. Kandungan ini ternyata juga dapat tingkatkan daya sistem imunitas tubuh dalam melawan paparan buruk radikal bebas. Kandungan vit D di dalam telur ikan juga sangat tinggi. Kandungan ini dapat membuat sistem imunitas tubuh, tulang, dan persendian jadi lebih kuat.

Walaupun sehat, konsumsi telur ikan juga sebaiknya dibatasi

Di balik khasiat kesehatan yang ditawarkan oleh telur ikan, ahli kesehatan mengatakan konsumsi telur ikan sebaiknya dibatasi. Perihal ini dikarenakan oleh keberadaan kadar kolesterolnya yang cukup tinggi, yaitu kurang lebih 165 mg untuk tiap 20 gr telur ikan.

Walaupun mempunyai kandungan asam lemak omega 3, bila komsumsi dengan berlebihan akan membuat asupan kolesterol jadi sangat tinggi serta mendekati batas maksimum per hari yang cuma 300 miligram.

Tidak cuma itu, di dalam telur ikan pula mempunyai kandungan sodium yang lumayan tinggi. Terlebih bila telur ikan diolah di dalam air garam. Di tiap 30 gr telur ikan dapat saja mempunyai kandungan sodium sampai 420 miligram, hampir seperlima dari batas maksimum mengkonsumsi garam setiap hari.

Baca Juga : Kolesterol Tinggi, Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel